Ketua MUI Lantik Pengurus RK Peguyangan Penatih


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Denpasar KH Syaifuddin Zaini melantik Pengurus Rukun Kifayah Peguyangan Penatih (RKPP) Masa Bhakti 2018 – 2021, Minggu (21/1/2018).

Haji Pujianto kembali ditunjuk sebagai Ketua Umum RKPP yang memiliki anggota 249 kepala keluarga (KK).

Menurut Pujianto, RKPP ini merupakan wadah perkumpulan fardhu kifayah.

Tujuan dibentuk yaitu membantu para jemaah di seputaran Peguyangan dan Penatih merawat dan mengurus jenazah bagi jemaah yang terkena musibah.

Selain itu, mengupayakan para jemaah sebanyak mungkin dapattakziah atau berkunjung ke rumah duka sehingga keluarga yang terkena musibah terhibur.

Disebutkan, dari jumlah tersebut dibagi menjadi lima sektor.

Adalah Sektor Peninjoan, Cengkilung, Tonja, Sedang-Abiansemal, dan Al Falah Kesiman.

“RKPP sebagai wadah besar mengayomi beberapa sektor. Semua jemaah mendapatkan perlakuan yg sama dalam penanganan jenazah dan ahli waris juga kami santuni setiap ada musibah,” kata Pujianto.

Pria yang sudah ditunjuk sebagai Ketua Umum RKPP untuk kali ketiga ini menambahkan, masing-masing sektor memiliki Majelis Taklim (MT) sendiri dan melakulan pertemuan pengajian setiap periode.

“RKPP ini tidak menarik iuran apapun atau gratis. Hanya ketika ada musibah setiap KK membayar uang takziah RP 20 ribu. Juga tidak ada dana pendaftarannya. Yang menjadi kunci kebersamaan bukan dari iuran tapi kehadiran,” tandasnya. (*)