Screening Tes IVA: “Perempuan Indonesia Sehat, Generasi Shaleh dan Kuat” Kerja Bareng MUI Pusat dan BAZNAS


launching program nasional test iva bagi perempuan indonesia MUI Bali

MUI BALI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan BAZNAS tahun 2021 melakukan langkah penanggulangan mencegah kanker serviks kepada para perempuan. Berkaitan hal ini, Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Program Nasional Test Iva (Inspeksi Visual Asam Asetat). Acara digelar pada Sabtu dan Minggu, 27-28 November 2021 di Rumah Sehat Madani Denpasar.

Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Bali, Dra. Hajah Rahmani menerangkan, kegiatan ini merupakan fasilitasi perempuan dalam melaksanakan pemeriksaan IVA agar mengetahui dan mencegah dini kanker serviks. “Kegiatan berupa pemeriksaan serviks oleh tenaga kesehatan pada ibu-ibu yang sudah menikah” terang Rahmani.

Ketua Komisi Perempuan Remaja, dan Keluarga (MUI), Siti Ma’rifah mengatakan, kegiatan ini berupa seremoni launching Program Nasional Test IVA bagi Perempuan Indonesia di 34 Provinsi, termasuk Bali. Dikatakan, tes IVA adalah tes fasilitasi perempuan dalam melaksanakan pemeriksaan IVA agar mengetahui dan cegah dini kanker serviks. Kegiatan berupa peresmian dan ceramah kesehatan yang dilaksanakan pada Sabtu 27 November 2021 di Hotel Quest San Denpasar.

Pesertanya, pengurus MUI Provinsi Bali, Pimpinan ormas Islam perempuan se-Bali juga dihadiri oleh MUI Pusat, pengurus BAZNAS Pusat maupun BAZNAS provinsi bali, pemprov provinsi Bali dan pemkot Denpasar. Diharapkan setelah acara ini, Gerakan Tes IVA untuk perempuan indonesia bisa dilaksanakan di provinsi lain di seluruh Indonesia.

Dengan demikian perempuanlebih peduli pada kesehatan dan senantiasa deteksi dini terhadap timbulnya gejala2 kanker serviks” pungkas Siti Ma’rifah.

(Yunanistya/Komisi PRK MUI Bali)