Kembali ke Marwah, Saatnya Masjid Turut Membantu Ekonomi UMKM Utk Mendukung Program Pemerintah


Saat ini, tidak sedikit masjid di Indonesia yang telah menunjukkan keberhasilannya dalam mengangkat ekonomi masyarakat di sekitar mereka. Dengan tata kelola dan program produktif, secara kongkrit membantu terjadinya perbaikan berkesinambungan dan membangun konsep masjid yang ramah lingkungan (Go Green).

Konsep ini menjadikan masjid tidak semata untuk ibadah, namun sebagaimana sejarahnya, masjid juga menjadi sentra komunitas untuk memberdayakan masyarakat luas tidak hanya muslim saja.Visi 4 pilar fungsi masjid merupakan salah satu konsep manajemen moderen yang berperan penting untuk terciptanya kemandirian ekonomi tersebut. Bahkan lebih jauh, turut membantu program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan.

Sejumlah masjid di Bali pun turut berbenah menuju konsep Ekonomi umat Berbasis Masjid ini. Di antaranya Musholla Baitul Mu’miniin BKDI Bali dengan tata kelola manajemen profesional dan pengembangan UMKM. Serta Musholla Al Hikmah Joglo dengan program masjid ramah lingkungan (Go Green). Keduanya, menjadi maslahat untuk lingkungan sekitar dan membantu program pemerintah daerah secara nyata.

Kini saatnya kita semua ikut bergerak, memberikan dampak baik secara ekonomi untuk masyarakat di sekitar masjid. Di inisiasi 4 lembaga yakni MUI Bali, DMI Bali, Sebar Indonesia dan MES Bali, secara bersama menggelar workshop untuk terciptanya ide kemandirian ekonomi tersebut. Program ini diikuti oleh Pengurus MUI Se Bali, DMI Kabupaten Kota, Perwakilan Masjid seluruh Bali dan sejumlah lembaga terkait, agar menjadi katalisator perubahan.

Di kesempatan yang sama, akan digelar Grand Launching Social Market dan Komitmen Bersama antar lembaga yang dihadiri oleh Bapak Walikota Denpasar, Organisasi Masyarakat, Lembaga Lazis serta sejumlah tokoh lainnya.

Workshop dan Grand Launching ini mengusung 3 program unggulan :
Pertama, tata kelola manajemen masjid profesional dengan konsep 4 pilar
Kedua, mengembangkan ekonomi UMKM berbasis Masjid
Ketiga, mambangun masjid dengan konsep ramah lingkungan (Go Green)

Dalam jangka panjang, program ini akan disosialisasikan secara berkelanjutkan ke berbagai kabupaten dan kota di Bali, agar terciptanya gerakan bersama untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui masjid.

Program ini, diharapkan bisa menjadi salah satu motor perubahan untuk kemajuan ekonomi bangsa, pastikan kita turut mengambil peran di dalamnya.